Program International Credit Transfer di Program Studi PMPG ditawarkan pada semester gasal setiap tahun akademik. Bahasa pengantar yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah Bahasa Inggris. Jumlah kredit yang ditawarkan dalam program ini adalah 12 SKS, yang ditempuh selama satu semester. Jumlah kredit tersebut terbagi ke dalam empat mata kuliah. Daftar mata kuliah yang ditawarkan, jumlah kredit, dan dosen pengampu mata kuliah adalah sebagai berikut.
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
Sem |
Pengampu |
1 |
|
Literasi Geospasial Indonesia |
3 |
1 |
Dr. Bambang S.Hadi Dr. Nursida Arif |
2 |
|
Geografi Budaya dan Masyarakat Indonesia |
3 |
1 |
Dr. Hastuti Dr. Nurul Khotimah |
3 |
|
Fisiografi Indonesia |
3 |
1 |
Dr. Suhadi Purwantara Dr. Muhsinatun S. Masruri |
4 |
|
Kurikulum Geografi Indonesia |
3 |
1 |
Prof. Dr. Mukminan Dr. Muhammad Nursa'ban |
Jumlah kredit |
12 |
Deskripsi mata kuliah yang ditawarkan dalam program ICT ini adalah sebagai berikut:
Mata Kuliah Dalam Prodi
1. |
Nama Mata Kuliah |
Literasi Geospasial Indonesia |
Kode Mata Kuliah |
||
SKS |
3 sks |
|
Prodi |
Pendidikan Geografi Program Magister |
|
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas teori-teori keruangan, kemampuan berpikir (logika) geospasial dan pengunaan alat-alat tertentu untuk reperesentasi data keruangan, khususnya dengan menggunakan teknologi geospasial, sehingga pembelajar dapat memiliki dan mengembangkan kemampuan berpikir spasial (KBS) untuk memecahkan masalah spasial dan pedoman dalam berperilaku spasial dalam suatu lingkungan dan situasi tertentu. KBS tersebut meliputi kemampuan untuk memecahkan masalah spasial dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan sains, dan keperluan praktis pembangunan. Keberhasilan pembelajaran ini ditunjukkan oleh kemampuan berpikir spasial berbasis pemanfaatan teknologi geospasial. |
|
2. |
Nama Mata Kuliah |
Geografi Budaya dan Masyarakat Indonesia |
Kode Mata Kuliah |
||
SKS |
3 sks |
|
Prodi |
Pendidikan Geografi Program Magister |
|
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas karakteristik kebudayaan suku-suku bangsa dan masyarakat, meliputi distribusi dan variasi budaya dan masyarakat, adat dan budaya, nilai-nilai tradisional dan modernisasi masyarakat desa/kota dalam konteks keruangan dan kelingkungan. Mata kuliah ini juga membahas perubahan dan perkembangan budaya dan masyarakat sebagai dampak interelasi, interaksi, dan interdependensi antara manusia dengan lingkungan antar ruang yang berbeda dari waktu ke waktu dan dalam konteks perubahan kultur global, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan beragam kultur global. |
|
3. |
Nama Mata Kuliah |
Fisiografi Indonesia |
Kode Mata Kuliah |
||
SKS |
3 sks |
|
Prodi |
Pendidikan Geografi Program Magister |
|
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas karakteristik fisiografis Indonesia secara mikro, meso, dan makro dengan sudut pandang geografi fisik (geomorfologi, geologi, klimatologi, hidrologi, pedologi, dan unsur fisik lainnya), secara sistemik dan komprehensif dalam membentuk suatu kenampakan fisik wilayah Indonesia dan pengaruhnya terhadap ragam aktivitas (genre de vie) serta karakteristik penduduk yang menghuninya. Karakteristik fisiografis yang relative statis memberi warna pada perubahan global dan sebagai penciri geografi yang selalu bersifat spesifik dalam perubahan disiplin ilmu di era global yang membawa kepada homoginitas. Kompetensi dari pembelajaran ini adalah kemampuan mensintesis aspek fisiografis dalam membentuk karakteristik lingkungan alam, budaya, dan masyarakat. |
|
5. |
Nama Mata Kuliah |
Kurikulum Pembelajaran Geografi Indonesia |
Kode Mata Kuliah |
||
SKS |
3 sks |
|
Prodi |
Pendidikan Geografi Program Magister |
|
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mengkaji tentang kurikulum yang mencakup: Konsep Dasar Kurikulum, Perubahan Kurikulum, Konsep Dasar K-13 dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Komponen Kurikulum, Dasar-dasar Pengembangan Silabus, dan Pelaksanaan Penyusunan Kurikulum. Selanjutnya matakuliah ini dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Pengembangan Silabus, Prinsip-Prinsip Pembelajaran, Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik, Alternatif-Alternatif Realisasi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik di Kelas, Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan, Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar. Untuk pendalaman setiap aspek kajian tersebut mahasiswa diwajibkan melakukan kajian buku teks pelajaran geografi secara bertahap dan hasilnya dihimpun dalam bentuk laporan kelompok hasil kajian yang dilakukan. |